4Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

Zaman sekarang banyak kalangan ingin membangun rumah sesuai dengan keinginan mereka. Termasuk muda mudi yang masih belum memiliki dana untuk membangun rumah mewah. Namun, ternyata dengan anggaran terbatas sebenarnya rumah sudah dapat dibangun sesuai impian.

Tips Bangun Rumah Sendiri

Melihat harga properti yang semakin melonjak membuat orang merasa pesimis untuk memiliki rumah. Namun dengan dana yang tidak banyak mereka sebenarnya sudah bisa membangun rumah milik pribadi. Berikut ini tips membangun rumah dengan dana yang terbatas.

4Tips Membangun Rumah dengan Dana Terbatas

  • Pemilihan Lahan

Memiliki anggaran dana yang terbatas tentu tidak bisa membuat pemiliknya bebas memilih luas lahan. Maka dari itu disarankan memilih lahan yang tidak terlalu besar namun sekiranya mampu memenuhi seluruh kebutuhan bangunan rumah nantinya.

Biasanya, lahan dengan biaya terjangkau ada di pinggiran kota atau daerah dengan akses sedikit masuk ke dalam. Ada keuntungan lainnya yaitu pajak yang dikenakan tentu saja lebih murah daripada lahan pusat kota. Namun hindari daerah seperti bekas pembuangan sampah dan kuburan.

  • Pemilihan Desain

Saat ini desain minimalis semakin menjadi tren. Bagaimana tidak, rumah dengan luas tidak seberapa besar ini dirasa mampu untuk memenuhi berbagai kebutuhan dasar penghuni rumah. Hal yang menyenangkan juga adalah dengan dana terbatas, anak muda sudah bisa membangun desain ini.

Selain itu, arsitektur minimalis tidak ribet pada hiasan eksterior rumah. Maka dari itu hal ini akan membantu menghemat material bangunan yang secara tidak langsung membantu penghematan anggaran biaya juga.

  • Pemilihan Material

Karena material bangunan menjadi hal sangat penting, maka banyak anggaran dana harus digelontorkan untuk kebutuhan satu ini. Sebaiknya sebelum dilakukan pembangunan pemilik rumah melakukan riset terlebih dahulu untuk mendapat material berkualitas dengan harga terjangkau.

Meskipun dana yang dimiliki terbatas, bukan berarti asal dalam memilih material. Semakin bagus kualitas material maka semakin kuat, kokoh, dan tahan lama pula bangunan rumah tersebut. Maka dari itu perlu dilakukan perhitungan cermat mengenai pemilihan material.

  • Pemilihan Tukang Bangunan

Memilih tukang yang rajin, cepat, dan profesional merupakan sebuah keharusan. Jangan sampai salah memilih tukang karena akan memberi dampak pada hasil garapan. Gunakan tukang dengan rekomendasi dari keluarga, kerabat, rekan, teman, ataupun tetangga.

Cara kerja tukang bangunan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu harian, mingguan, dan borongan. Untuk menghemat biaya sebaiknya memilih tukang dengan sistem borongan karena secara perhitungan akan lebih hemat dibandingkan jenis harian dan mingguan.

Itu lah beberapa tips dalam membangun rumah dengan dana terbatas. Untuk dapat mengetahui berbagai informasi menarik dan bermanfaat seputar bangunan rumah, dapat mengunjungi situs https://plafon.id. Di sana ada banyak sekali tips dan trik dalam pembangunan rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *